Escape from stagnancy by cycling – Bersepeda ke tempat kerja

Sebelum memutuskan untuk membeli Bottom Bracket, Jenis Crankset bagaimana dulu yang hendak kamu pakai. Sebab Bottom bracket ada yang panjang ‘spindle’ nya ada yang pendek (poros kayuh). Jangan salah membeli, jadi antisipasinya adalah beli dulu Crankset dan cocokan dengan chainstay,crankarm nya mentok tidak.(itu sih berdasarkan pengalaman gue tea).

Di bottom bracket selalu tertulis R dan L. Yang R masukan perlahan dengan jari saja dulu hingga drat nya benar-benar pas masuk (tidak miring). Kalo miring maka akan merusak drat di frame dan di BB nya sendiri, sehingga ngga akan bisa masuk. Kalo dipaksa maka akan ‘slek’/dol’, jadi please be carefull.

Masukan BB dari sebelah kanan frame. drat BB yang bagian kanan harus diputar berlawanan arah jarum jam , perhatikan ! ini tidak biasa, ulir normal biasanya dikencangkan dengan arah memutar se arah jarum jam, namun drat BB sebelah kanan BERLAWAN ARAH JARUM JAM saat dikencangkan. sebelumnya pastikan BB dan drat di frame sudah di olesi grease yang sesuai, dan pastikan dratnya dalam keadaan bersih.

Gunakan tool yang sesuai. seperti kunci Gir dibawah ini. tentunya anda juga harus punya socket wrench untuk mengencangkan.


Setelah bagian kanan dikencangkan (harusnya memakai alat torque), masukan’mangkokan’ sebelah kiri ke bagian drat sebelah kiri frame, masukan perlahan dengan jari hingga drat di BB masuk tepat di drat framenya. setelah lurus, kencang mangkokan dengan menggunakan socket wrench.Perlu dikatahui bahwa untuk mangkokan sebelah kiri ini dikencangkan dengan arah jarum jam, pengencangan arah normal – ke kanan seperti pada umumnya.

Setelah semuanya OK,.lalu pasang crankset dan crankarm kiri kanan.

Ok. Semoga bermanfaat. Keep cycling bro!

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Comment:

 
Add to Google Reader or HomepageSubscribe in NewsGator OnlineAdd to My AOLSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to WebwagAdd to fwicki

Mang nkd

Recreational cycling is perhaps the most satisfying way to get exercise, fresh air and improve your health compared to any other form of recreation. Getting there under your own power is rewarding. The views an experiences along the way are part of the world in which you live, instead of one you merely drive through