Escape from stagnancy by cycling – Bersepeda ke tempat kerja

BIKE PHILOSOPHY

Apa yang membuat orang merasa cinta akan mengendarai sepeda? Pada hakekatnya kebanyakan orang berpikir bahwa sepeda adalah hanya mainan buat anak kecil. Sebagian orang menganggap hanya kegemaran orang-orang iseng yang senang bergaya atau trend olahraga bergengsi dll. Jadi, kenapa harus bersepeda? Filosofinya seperti inilah:

Banyak sekali hal-hal yang membuat saya menggemari bersepeda. Saya menyukai formasi componentnya itu sendiri, tampilannya – elegant, efisien, ngga rumit namun simple , asik, terkadang mahal, tapi ‘no what-what’. Saya suka berolahraga – membuat tubuh tetap sehat, membuat diri mampu aktif dalam menjalani dan menikmati hidup. Saya menyukai suasana ‘out door’, alami, nature suasana perkampungan dll. Explore ke suasana alam luar yang luar biasa indah atau menelusuri jalan-jalan baru dan tempat-tempat baru. Menciptakan teman-teman baru, komunitas baru atau bahkan bisa dilakukan bersama keluarga menikmati alam raya. Bisa menikmati kebebasan – dalam hal ini bebas mau mengendarai sepeda kemana saja, melintasi berbagai daerah, sambil membawa di tas semua yang bisa saya bawa. Kepuasan diri ketika naik atau menuruni bukit, atau kegembiraan ‘mengowesh’ pedal dengan kecepatan penuh di jalan raya hingga seperti sebuah kompetisi ketika menyusul lawan yang berada di depan serta menikmati sepoy angin menembus kulit hingga tulang ketika meluncur lepas landas di jalan aspal yang menurun tanpa menggerakkan betis sedikitpun seolah seperti melakukan percakapan dengan alam karunia tuhan. Semuanya adalah : sepeda.

Tapi satu hal yang membuat saya gemar dan hobi bersepeda adalah bahwa bersepeda adalah sesuatu yang positif yang telah kita kontribusikan kepada dunia ini. Anda tahu bahwa Allah telah menciptakan alam yang indah ini. Adalah kewajiban kita untuk memelihara dan menjaganya. Sebuah konsep yang sederhana namun patut dipikirkan dan dijalani. Untuk itulah dengan bersepeda berarti kita ikut menjaga lingkungan tetap terpelihara (terlepas dari pabrik pembuatan sepeda itu sendiri sih,..saya ngga membicarakan asal pembuatannya,..tapi manfaat dari aplikasi sepeda itu sendiri setelah sepeda itu ‘jadi’ kemudian dipakainya). Jadi , anyway, bicycle is good for the earth.

Dalam pengertian yang lebih khusus, setiap orang mengendarai sepeda daripada mengendarai mobil adalah suatu kebaikan bagi dunia. Bayangkan sudah berapa banyak kadar polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor,..sisi teknologi yang aneh..

Sepeda bisa dijadikan transportasi yang cocok, ya setidaknya di saat-saat yang tepat untuk memakai sepeda.Saya tetap suka mempengaruhi orang agar mau bersepeda – demi kesehatan dan ramah limgkungan.

Satu hal lagi bahwa sepeda merupakan hal yang baik juga untuk masyarakat. Saat ini orang sudah lebih cenderung sibuk dengan mobilitas kerja dengan menggunakan kendaraan bermotor. Orang saling ngebut, bising, tidak ramah bahkan kadang suka membuat jengkel satu sama lain. Tapi dengan bersepeda, orang tidak akan terburu-buru, tidak akan terkena macet, ya tentunya biar tidak kesiangan kerja anda harus menghitung waktu kira-kira jam berapa berangkat dari rumah. Setidaknya lakukanlah minimal seminggu 2 kali menggunakan sepeda berangkat untuk bekerja.

Saya kadang berpikir ingin rasanya di Bandung ini atau di Indonesia lah,..terdapat sarana jalan alternative jalur khusus untuk bersepeda. Ingin melihat adanya ‘terbersit’ hati para pejabat pemerintah untuk ‘membangun sarana jalur ini, tidak hanya untuk mobil saja. Hingga pada akhirnya nanti kita akan bisa melihat banyak orang-orang, dewasa atau anak-anak yang bebas berkendara sepeda tanpa merasa takut ‘tersenggol’ atau tertabrak kendaraan bermotor. Harus diciptakan suasana yang aman bagi pengendara sepeda pada umumnya.

Saya tetap berprinsip bahwa sepeda adalah sesuatu yang baik buat lingkungan. Jika kita sering menggunakan sepeda akan kegiatan sehari-hari kita, seperti melakukan perjalanan kecil ke sebuah shoping center, maka kemungkinan akan meng ‘inspirasi orang lain untuk turut membudayakan sepeda pula. Andai saja kebiasaan ini dibudayakan kembali seperti pada saat jaman dahulu, maka masyarakat akan merasakan betapa pentingnya menjaga alam ini dari kerusakan.

Dan tentunya barangkali semua ini hanya khayalan saya saja. Tapi setidaknya sementara ini saya masih tetap menikmati ber ‘gowes’ ria. Saya enjoy banget. Saya akan tetap melakukannya selama saya mau dan tetap akan mem ‘provokasi’ orang agar membiasakan diri juga bersepeda, tentunya tanpa paksaan. Kesimpulan, Sepeda bagus buat masyarakat, ramah untuk alam dan begitu banyak kebaikan-kebaikan lainnya.

Salam….april , 01 – 2008, nkd.

 
Add to Google Reader or HomepageSubscribe in NewsGator OnlineAdd to My AOLSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to WebwagAdd to fwicki

Mang nkd

Recreational cycling is perhaps the most satisfying way to get exercise, fresh air and improve your health compared to any other form of recreation. Getting there under your own power is rewarding. The views an experiences along the way are part of the world in which you live, instead of one you merely drive through