Escape from stagnancy by cycling – Bersepeda ke tempat kerja

MTB uphill, tips kuat ditanjakanMempunyai sepeda gunung atau MTB, rasanya kurang pas kalau hanya Cuma di pakai gowes di jalanan doank. Tapi setidaknya bila seseorang mempunyai MTB, naluri nya pengen mencoba jalan nanjak atau coba gowes ke gunung, ke bukit atau menjajal alam lepas dengan kondisi nanjak , turun , pasir , makadam dll.
Terkadang bagi pemula sulit untuk mencapai puncak ketika gowes di tanah nanjak. Hasrat ingin di gowes apadaya dengkul dan nafas kagak kuat. Sabar,..ngga usah terlalu bernafsu dan terburu-buru kepingin hebat bisa di tanjakan. Perlu waktu, proses, latihan dan komitmen.
Terkadang kita melihat orang lain :’Kenapa orang itu dengan santainya bisa sampai di puncak dengan mudah?’

Napa gue kagak bisa? Toh dia juga sama makan nasi.

OK,..kuncinya adalah,..lo musti konsisten latihan dan sabar.
Sekali kamu bisa berhasil,..jangan kaget lo bakal ketagihan.

OK, berikut tips supaya kuat di tanjakan, simple saja :
1. Tetap duduk di sadle  2. Ulangi dan ulangi

Sebagai pemula, dua hal diatas benar-benar akan sangat membantu untuk mengembangkan kekuatan kaki atau dengkul anda dan memupuk kekuatan mental ketika menaiki bukit. Tetap fokus pada dua hal tersebut, maka suatu saat lo bakalan mempunyai kemampuan teknis untuk nanjak dengan mumpuni.

Lo musti ingat bahwa tujuannya adalah hanya untuk membawa lo ke atas bukit lebih tinggi. Jangan terburu-buru ingin menggenjot dengan kecepatan kamu supaya sampai di ujung. Sabar saja bro. Fokuskan saja pada ke konsisten an  kaki-kaki lo dan hasrat lo untuk maju.

Yang penting adalah, seperti yang kita tahu, Sukses yang harus dituju adalah : ‘Gue harus nyampe di atas!’ itu saja dulu.

Sebisa mungkin, tahan godaan untuk berdiri saat mengayuh. Mengapa harus tetap duduk? Karena dengan  mengayuh sambil duduk :

-Akan membuat kekuatan kaki lo lebih cepat.
-Mengajarkan pentingnya posisi tubuh dengan berat bertumpu di saddle, dan
-Mengajarkan lo bagaimana menemukan traksi (kekuatan gerakan mengayuh).

Ulangi lagi

Yes it right. Jika kagak berhasil, coba ulangi lagi. Turun lagi ke bawah dan mencoba lagi. Tetap simpan di benak lo,..gue harus bisa, masa orang lain bisa.

Ulangi lagi terus. Ketekunan akan sesuatu, adalah kunci sukses meraih sesuatu, termasuk sukses gowes ditanjakan. Kalau lo seorang pekerja atau karyawan, hanya sempat di  hari sabtu atau minggu, ya minimal 2 kali dalam seminggu melakukan latihan ini. Untuk daerah Bandung banyak tempat yang biasa di pake latihan buat nanjak, seperti Warban – Dago, Punclut, lalu daerah bandung timur seperti Cartil – caringin tilu, kiara payung dan lain-lain.

Jam terbang lo lebih banyak ditanjakan, maka kekuatan itu akan tercipta dengan sendirinya.

Ketika lo udah menguasai tanjakan, percaya diri (harga diri man!) akan semakin terpatri dengan kuat dan kenikmatan bersepeda di alam bebas akan semakin bertambah. Memanjat akan terasa lebih mudah lebih enjoy, lebih lagi…

-
Lebih professional.

Kalau teknik memanjat dengan gowes sudah dikuasai, lo bisa meningkatkan lagi kemapuan seperti endurance di tanjakan, mengatur kecepatan dengan lebih professional dll.

Hal lain juga teknik pernafasan ketika nanjak akan lebih teratur, tidak terengah-engah namun santai.

Satu hal yang kagak boleh di lupakan juga adalah part sepeda MTB yang sesuai harus dipertimbangkan, seperti Rear  Derailleur , shifter dan Tire atau ban yang cocok untuk kondisi tanjakan. Saya sendiri pakai produk shimano XT, terasa lebih ringan di dengkul,..maknyus gitu.

Salam gowes, Happy cycling.

5 Comments so far »

  1. by Wavatar Bekasicell, on September 17 2012 @ 2:40 am

     

    trims sharinya oom… Klo sudah ga kuat nanjak,suka tergoda ttb.. Sukses selalu oom

  2. by Wavatar andi, on January 2 2013 @ 12:46 pm

     

    Thx Bro.. menarik featurenya!!
    Saya dari Bandung juga (?) nyampe juga tuh rute Dago Golf- Warban tanpa berenti walau di Warban kayak mau semaput! Btw saya masih pake ALIVIO.. murah!
    Salam kenal

  3. by Wavatar adi, on April 29 2013 @ 9:12 am

     

    Bener pisan tips di atas. Saya cuman mau nambahin nih, cara tips kuat ditanjakan :
    1. Istirahat yang cukup kalo pengen gowes ke tanjakan besok paginya.
    2. Banyak minum air putih malam harinya, gpp jd beser jg. Ini menjaga agar kita tidak dehidrasi pada saat gowes.
    3. Disiplin saat latihan. Jangan menghabiskan gigi sampai akhir. Artinya konstan dalam penggunaan gigi.
    4. Jangan malu berhenti disaat tidak kuat. Semua yg dipaksakan bukan membuat kita sehat. Sebaliknya kita bakal cidera.

    Ya mungkin hanya itu tips dari saya. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba. Salam goweser dari bandung…ditinggu di warung bandrek babe ya….

  4. by Wavatar nkd, on June 20 2013 @ 12:07 am

     

    okay bro adi,..nice additional tips tanjakan nya. BTW,..mo order Buff nya ngga?

  5. by Wavatar ikhsan, on June 26 2013 @ 9:54 am

     

    kalo nanjak enaknya pake gigi ringan apa gigi berat ya mas?

Comment RSS · TrackBack URI

Leave a comment

Name: (Required)

eMail: (Required)

Website:

Comment:

 
Add to Google Reader or HomepageSubscribe in NewsGator OnlineAdd to My AOLSubscribe in BloglinesAdd to The Free DictionaryAdd to WebwagAdd to fwicki

Mang nkd

Recreational cycling is perhaps the most satisfying way to get exercise, fresh air and improve your health compared to any other form of recreation. Getting there under your own power is rewarding. The views an experiences along the way are part of the world in which you live, instead of one you merely drive through